Winooskiml Personal Blog

Sumpah Pemuda - Pemuda Indonesia

Sumpah Pemuda - Pemuda Indonesia . Pendidikan Indonesia sudah maju dan berkembang. Sistem pendidikan dirancang dan diterapkan sedemikian hingga dengan harapan semakin berkualitas. Sistem pendidikan mulai dari usia dini sampai perguruan tinggi tingkatannya. Namun demikian, semakin berkembangnya sistem pendidikan semakin berkembang pula masalah yang melanda. Masalah berupa masalah klasik dan masalah modern yang melanda.

Masalah klasik salah satunya ialah bencana alam. Bencana alam di Indonesia marak terjadi. Bencana alam tersebut antara lain gempa bumi, tanah longsor, banjir, badai, dan gunung meletus. Bencana marak terjadi karena letak Indonesia di jalur gunug aktif (rawan bencana) dan perubahan iklim. Rakyat Indonesia seharusnya lebih peduli lingkungan dengan adanya perkembangan pendidikan. Namun masih banyak rakyat buang sampah sembarangan. Itu baru buang sampah, hal yang kecil yang menjadi besar ketika banyak yang melakukannya. Perusakan alam oleh manusia dari eksploitasi juga meramaikan suasana.

Masalah modern salah satunya ialah masalah sosial yakni rusaknya generasi muda. Generasi muda terbuai dan terlena dengan arus gelombang globalisasi. Betapa banyak anak muda Indonesia meniru budaya dari negara lain yang merusak pola pikirnya. Pola pikir yang rusak ini merusak karakter dan kepribadiannya. Padahal pendidikan sudah berkembang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kompleks. Pendidikan ini seharusnya mempertahankan budaya daerahnya yang bersahaja dan bijaksana.

Indonesia memiliki wilayah dan jumlah penduduk yang besar serta kebudayaannya. Itu merupakan potensi. Potensi berupa potensi positif dan negatif. Potensi posistifnya ialah pemuda. Pemuda merupakan generasi penerus perjuangan bangsa. Penerus bangsa harus diselamatkan dari perusaknya. Perusaknya bisa disaring dengan pendidikan yakni pendidikan yang terintegrasi dan peduli. Pendidikan tersebut harus sistematis, efektif, dan efisien serta terkontrol input, proses, dan outputnya dengan baik. Pendidikan yang mengacu pada pembentukan pola pemikiran dan pengembangan karakter tanpa menghilangkan budaya kearifan lokal. Pemuda harus bersama-sama menyelematkan potensi dirinya.

Bagaimana pemuda yang sudah rusak pola pikir dan karakternya? Potensi tetap lah potensi. Potensi harus tetap diselamatkan karena pemuda merupakan potensi negara ini. Setiap pemuda memiliki potensi yang berbeda-beda dan unik. Potensi itu harus didukung dan diberdayakan. Pendidikan mengambil peran sebagai garda terdepan. Garda terdepan menyelamatkan potensi negara untuk menjadi aset negara bukan beban negara.

Pemuda yang sudah rusak pola pikir dan karakternya butuh perhatian khusus untuk menyelamatkan potensinya. Ibarat pepatah ‘setumpul-tumpulnya besi bila diasah menjadi tajam’ begitu pun pemuda. Perhatian khusus ini tak hanya dari pemerintah tapi juga masyarakat. Masyarakat yang lebih dekat dengan mereka. Masyarakat harus mau menerima dan menampung serta mendidik mereka. Pendidikan ini lebih ke arah pembentukan pola pikir dan pengembangan karakter. Pola pikir dan karakter yang terbentuk kemudian difasilitas dengan wadah untuk karya-karya mereka sesuai potensinya.

Masyarakat bergerak mengenai hal ini ketika ada inisiatif dari penggagasnya. Pemuda yang berkarakter baik sepatutnya menjadi penggagas dan penggerak masyarakat. Pemuda ini harus peduli dengan sesamanya. Peduli supaya kebaikan yang dirasakanya bisa disarakan oleh orang lain. Peduli supaya pemuda sesamanya sama-sama menjadi aset negara. Peduli menyelamatkan potensi negaranya. Semakin banyak Potensi yang terselamatkan maka semakin greget negara besaing di kancah dunia.

Penyelamatan potensi ini seperti momentum sumpah pemuda. Sumpah pemuda pemersatu potensi bangsa. Potensi yang banyak luar biasa. Budaya dan bahasa adalah potensi besarnya. Apa jadinya jika tak disatukan. Para pelaku sumpah pemuda peduli pentingnya persatuan. Mereka peduli dengan aset bangsa, peduli sesama.

Sumpah Pemuda - Pemuda Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yuli Kurniawan

0 komentar:

Post a Comment